Program studi profesi ners merupakan pendidikan akademik-profesional dengan proses pembelajaran yang menekankan pada tumbuh kembang kemampuan mahasiswa untuk menjadi seorang akademisi dan profesional. Landasan tumbuh kembang kemampuan ini merupakan kerangka konsep pendidikan yang meliputi falsafah keperawatan sebagai profesi, dan keperawatan sebagai bentuk pelayanan profesional yang akan mempengaruhi isi kurikulum dan pendekatan utama dalam proses pembelajaran. Kerangka konsep program studi profesi ners saat ini masih mempertahankan kerangka konsep yang dipergunakan pada kurikulum inti program studi profesi ners tahun 2010 karena kerangka konsep tersebut masih relevan dengan kebutuhan program studi profesi ners pada saat ini dan prediksi di masa datang.

Pengembangan kurikulum program studi profesi ners mengacu pada Kemendiknas no 232/U/2000 tentang pedoman penyusunan kurikulum pendidikan tinggi dan penilaian hasil belajar mahasiswa, Kemendiknas nomor 045/U/2002 tentang kurikulum inti perguruan tinggi, UU no 20 tahun 2003 tentang Sisdiknas, Permendiknas no 63 tahun 2009 tentang sistem penjaminan mutu pendidikan, UU no 12 tahun 2012 tentang pendidikan tinggi, Peraturan presiden no 8 tahun 2012 tentang KKNI, Permendikbud no 49 tahun 2014 tentang Standar Nasional Pendidikan Tinggi, Peraturan menteri no 4 tahun 2014 tentang penyelengaraan pendidikan tinggi dan pengelolaan perguruan tinggi.

Dengan terbitnya Perpres no 8 tahun 2012 dan UUPT no 12 tahun 2012 pasal 29 ayat (1), (2) dan (3). tersebut maka kurikulum yang berbasis kompetensi harus direvisi menjadi kurikulum yang mengacu pada KKNI. KKNI adalah kerangka penjenjangan kualifikasi kompetensi yang dapat menyandingkan, menyetarakan, dan mengintegrasikan antara bidang pendidikan dan bidang pelatihan kerja serta pengalaman kerja dalam rangka pemberian pengakuan kompetensi kerja sesuai dengan struktur pekerjaan di berbagai sektor. KKNI terdiri atas 9 jenjang dimulai dari jenjang 1 sebagai jenjang terendah sampai dengan jenjang 9 sebagai jenjang tertinggi. Lulusan program studi profesi Ners setara dengan jenjang 7, karena itu penyusunan kurikulum program studi Ners harus mengacu pada deskriptor jenjang 7 dalam KKNI.